Mengenal Ayam Poland



Keberadaan Ayam Poland saat ini memang cukup dikenal di Indonesia dan mulai masuk ke Indonesia sudah sejak lama. Di Indonesia sendiri, Ayam Poland biasa disebut dengan nama Ayam Jambul karena di bagian kepalanya terdapat jambul yang indah. Selain terdapat jambul, Ayam Poland juga memiliki bulu yang selalu terlihat rapi seperti habis disisir. Sebenarnya ayam ini termasuk dalam golongan ayam petelur, namun karena keunikannya banyak masyarakat yang memeliharanya sebagai ayam hias.

Asal dari ayam poltand ini yaitu dari Belanda. Di negara asalnya ayam poland di jadikan sebagai ayam petelur, alasannya karena ayam poland memiliki produktivitas telur yang cukup baik. Berbeda jika di negara tercinta kita ini, ayam poland di gunakan sebagai ayam hias untuk di nikmati keindahannya. Mungkin kalau di Indonesia kita masih sedikit asing dengan ayam ini, mengapa di kepalanya ada bulu yang panjang hehe.

Seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya penghobi ayam hias yang bermunculan, ayam poland ini banyak yang sudah memelihara, tak sedikit pula yang mencoba untuk mengawin silangkan dengan jenis ayam lain. Dengan tujuan agar hasil perkawinan silang tersebut bisa menghasilkan ayam yang unik kembali.



Makanan Ayam Poland

Untuk makanan ayam poland yang baru saja menetas, diberikan pakan berupa voer, jagung giling dengan perbandingan 3:2 yang diberikan sebanyak 1 kali. Anak Ayam Poland yang berusia di bawah 1 bulan bisa diberikan vaksin ND (Tetelo), AI (Avian Influenza). Dalam memberikan vaksin diusahakan ayam dalam kondisi sehat, hal ini dilakukan guna untuk mengurangi resiko kematian anak ayam. Untuk Anda penghobi ayam hias juga bisa melakukan hal tersebut kepada anak ayam yang baru berumur 4-6 hari, dan bisa juga diulangi setiap 4 bulan sekali.

Untuk menjaga daya tahan tubuh ayam, bisa dilakukan dengan cara memberikan vitamin secara berkala melalui pakan yang diberikan. Ayam juga bisa diberikan irisan daun pepaya sebagai menu selingan. Apabila sedang mengalami cuaca yang tidak menentu (terlalu dingin) bisa diberikan sedikit jahe pada minuman Ayam Poland tujuannya agar tetap merasa hangat.

Jenis ayam poland ada tiga, yaitu :

  • Ayam Poland Galur Murni
    Dinamakan Ayam Poland Galur murni karena memiliki bulu berwarna hitam dan abu – abu. Dan memiliki jambul yang berwarna putih.

  • Ayam Poland Three Color
    Dinamakan Ayam Poland Three color karena memiliki bulu dengan tiga warna.
  • Poland Bertanduk
    Dinamakan Ayam Poland bertanduk karena memiliki jambul mahkota berbulu. Selain itu, ayam ini juga mempunyai jengger yang menyerupai tanduk.

Selain memiliki keunikan masing-masing, ayam poland juga memiliki kelemahan. Kelemahannya terletak pada daya tetas telurnya yang lebih rendah jika dierami sendiri. Akan tetapi, kelemahan itu dapat diatasi dengan menggunakan mesin penetas telur (incubator).

Mungkin selama ini orang mengenal ayam hias poland karena jambulnya saja, tetapi sekarang ada ayam poland yang lebih unik lagi, yaitu dengan tambahan tanduk dan pial (gelambir di bawah paruh ayam) yang lebar. Salah satu jenis Ayam Poland hasil persilangan yang dilakukan oleh seseorang yang kemudian memberikan sebutan dengan nama Ayam Jambul Katulistiwa. Seperti apa ternak Ayam Poland tanduk ini?

Ayam Poland yang diperbanyak oleh seorang penyilang ini terdiri atas Ayam Poland biasa dan Ayam Poland  bertanduk. Ada juga yang merupakan hasil persilangannya sendiri, contohnya Ayam Poland dikawinkan dengan Ayam Hutan, Ayam Poland dengan Ayam Keriting (Walik), Ayam Poland dengan Ayam Batik. Hasilnya anak ayam tersebut memiliki jambul dan sebagiannya lagi juga memiliki tanduk dan pial yang lebar. Hasil silangan inilah yang merupakan daya tarik tersendiri karena belum pernah dilakukan oleh peternak lain. Hal ini memunculkan ayam poland jenis baru yang lebih lincah bila dibandingkan dengan ayam poland jenis biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar